10 AUG 2023 HIDUP SEHAT 2 MENIT DIBACA 303 DILIHAT

3 Jenis Olahraga Tingkatkan Kesehatan Jantung

Latihan fisik adalah adalah salah satu cara efektif untuk memperkuat otot jantung dan meminimalkan serangan jantung atau stroke. Paling tidak,lakukan 3 olahraga ini untuk menjaga kesehatan jantung.

  1. Latihan aerobik
    Latihan aerobik seperti jalan cepat, lari, berenang, bersepeda, bermain tenis, dan lompat tali, bermanfaat untuk meningkatkan sirkulasi darah, yang menghasilkan penurunan tekanan darah dan detak jantung. Idealnya, lakukan setidaknya 30 menit sehari, lima kali seminggu.

  2. Latihan kekuatan
    Latihan resistensi jika dikombinasikan dengan latihan aerobik dapat membantu meningkatkan kolesterol HDL (baik) dan menurunkan kolesterol LDL (jahat). Misalnya saja olahraga dengan beban bebas pada mesin beban, dengan band resistensi, atau melalui latihan ketahanan tubuh, seperti push-up, squat, dan chin-up. Setidaknya lakukan 2 hari berturut-turut per minggu.

  3. Peregangan, fleksibilitas, dan keseimbangan
    Latihan fleksibilitas, seperti peregangan, tidak secara langsung berkontribusi pada kesehatan jantung, namun bermanfaat bagi kesehatan muskuloskeletal, yang memungkinkan kita tetap fleksibel dan bebas dari nyeri sendi, kram, dan masalah otot lainnya. Fleksibilitas itu adalah bagian penting untuk dapat mempertahankan latihan aerobik dan latihan ketahanan. Lakukan setiap hari dan sebelum dan sesudah latihan lainnya.


Penting: jangan sampai dehidrasi!

Menjaga tubuh tetap terhidrasi dengan baik juga salah satu cara untuk menjaga kesehatan jantung, lho. Hidrasi yang baik secara umum membuat kadar natrium turun, dan bisa mengurangi tekanan pada jantung dan dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung jangka panjang.

Makanya jangan lupa minum air yang cukup. Pastikan air minummu bebas kontaminan, yang bisa didapatkan dengan menggunakan eSpringTM Water Purifier.

eSpringTM Water Purifier adalah penjernih air yang efektif menghilangkan 99,9% bakteri, virus serta 140 jenis kontaminan berbahaya dalam air dengan ukurannya hingga 300 kali lebih kecil dari diameter rambut manusia. Jadi, dijamin air minumnya sehat, bebas kontaminan, bebas bau, dan pasti segar!